TV Menyala Tapi Tidak Ditonton Bisa Ganggu Mental Anak

Jakarta, Terlalu banyak menonton televisi atau TV sering dianggap merusak perkembangan mental anak. Namun menurut penelitian, TV yang tidak ditonton pun tetap bisa merusak mental jika dibiarkan menyala dan suaranya terdengar oleh anak-anak.

Dalam dunia kedokteran, paparan suara TV yang menyala namun tidak ditonton disebut dengan istilah background-TV. Ketika dibiarkan menyala tanpa ditonton, TV masih bisa mengalihkan perhatian karena tetap mengeluarkan bunyi dan kadang memancarkan cahaya terlalu terang.

Sebuah penelitian di University of New Mexico menunjukan, anak-anak menerima paparan background TV tersebut rata-rata selama 4 jam setiap hari. Durasi ini dinilai cukup lama untuk memicu gangguan perkembangan mental, sehingga susah belajar membaca.

Paparan background TV terjadi apabila anak-anak berada satu ruangan dengan TV, atau di dekat ruang TV. Ketika melakukan aktivitas lain, tanpa disadari perhatian anak akan teralihkan oleh suara TV sehingga anak tidak pernah bisa benar-benar fokus.

“Bayi dan anak-anak tidak bisa multitasking (melakukan banyak hal dalam waktu bersamaan),” kata Prof Victor Strasburger, MD yang mempresentasikan penelitian tersebut di ajang International Communication Association seperti dikutip dari Medicinenet, Selasa (24/4/2012).

Dalam penelitiannya, Prof Strasburger mengalami 1.454 rumah tangga yang memiliki anak berusia 8 bulan sampai 8 tahun. Ketika dibandingkan, anak-anak yang terpapar background TV lebih lama perkembangan mentalnya cenderung lambat dan prestasi belajarnya rendah.

Prof Strasburger mengajurkan, TV sebaiknya dimatikan bila tida ada yang menonton dan anak-anak hanya boleh menonton TV atau mendengar suaranya selama 1-2 jam dalam sehari. Bahkan menurutnya, anak-anak di bawah usia 2 tahun sangat tidak dianjurkan menonton TV.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s